Saturday, February 16, 2013

Hudson's Bay Company Profile

Founded          : May 2, 1670
Headquarters   : Simpson Tower Toronto, Ontario, Canada
Key people      : Richard Baker, Governor
Revenue          : $7.0 billion CAD (decrease $59.7 million FY 2009)
Employees       : 70,000
Website            : hbc.com


Sejarah
Hudson's Bay Company adalah perusahaan komersial tertua di Amerika Utara dan salah satu tertua di dunia. Sebuah usaha perdagangan bulu/ fur trading dalam rangka untuk mempertahankan eksistensinya, Hudson Bay Company memiliki dan mengoperasikan toko-toko ritel di seluruh Kanada. Perusahaan ini berkantor pusat di Menara Simpson di Toronto, Ontario.
Pada tahun 1670 perusahaan ini mulai berdiri, pendiri perusahaan ini adalah  pemerintah Inggris lewat bentuk penghargaan ditahun yang sama oleh Gubernurnya. Sebagian besar wilayah dari perusahaan HBC adalah milik dari Rupert sebesar 15% dari areal Amerika utara dan pada  teluk Hudson, selama ber abad-abad perusahaan ini banyak menguasai perdagangandan bahwakan eksplorasi bulu jalur Inggris-Amerika meski pada kenyataannya perushaan tersebut  mendapat tantangan yang keras dari masyarakat asli Amerika.
Pada akhir abad  19 perusahaan mempunyai daerah yang tetap yaitu di Kanada barat  dan Amerika Serikat sebagai pusat dari industriialisasinya,  wilayah yang luas menjadikannya perusahaan swasta dengan aset wilayah yang besar. Serta diakhir abad ini perusahaan HBC mengembangkan sayapnya dengan membuka Ritel terbesar termasuk The Bay, Zellers, Outfitters Home. Diawal abad 20an HBC sebagai perusahaan hudson trading company termasuk perusahaan portofolio dari perusahaan Amerika Serikat Mitra swasta Ekuitas NRDC, yang juga memiliki Lord & Taylor, high-end department store rantai di AS.
Abad 17 Prancis memiliki kemampuan untuk memonopoli pada perdagangan bulu di Kanada. Namun, dua pedagang Perancis, Pierre-Esprit des Radisson dan Medard Groseilliers menemukan wilayah baru yang sangat kompetitif  dalam perdangan bulu tersebut di daerrah teluk hudson. Kedua pedagang tersebut mencari dukungan untuk mendirikan kantor pos perdagangan/perusahaan untuk mengurangi biaya pemindahan bulu lewat jalur darat.
Pada 1668 Radisson dan des Groseilliers mendekati sekelompok pengusaha di Boston, untuk membantu membiayai eksplorasi mereka, Para Bostonians menyetujui rencana tersebut, dan membawa dua pedagang  ke Inggris untuk memperoleh pembiayaan eksploitasi, kemudian Inggris menugaskan dua kapalterkait misi tersebut diaantaranya the Nonsuch dan the Eaglet untuk melakukan eksplorasi di teluk hudson. The Nonsuch dipimpin oleh Kapten Zakaria Gillam dan disertai des Groseilliers sementara the Eaglet diarmadai oleh Kapten William Stannard dan disertai dengan Radisson.
Pada tahun 1668 bertepatan dengan musim dingin kedua kapal tersebut kembali dan bersandar di Inggris. Kemudian tahun 1670 dengan charter kerajaan dari Raja Charles II lewat Gubernur dan Perusahaan Petualang Perdagangan Inggris ke Teluk Hudson didirikan. Perusahaan ini didirikan pertama di Fort Nelson di Sungai Nelson timur laut Manitoba. Dan mampu memonopoli perdagangan di teluk hudson.
Pada tahun 1821, Perusahaan Montreal dan Hudson Bay Company bergabung. Wilayah gabungan mereka diperpanjang oleh suatu lisensi ke Wilayah Utara-Barat, sehingga mencapai ke Samudra Arktik di Utara dan Samudra Pasifik di Barat. Sebelum merger, karyawan HBC, tidak seperti Perusahaan Montreal, tidak berpartisipasi dalam keuntungannya. Setelah merger, dengan semua operasi di bawah manajemen Sir George Simpson (1826-1860), perusahaan memiliki korps perwira, 25 faktor kepala dan 28 pedagang kepala, yang berbagi dalam keuntungan perusahaan selama tahun-tahun monopoli. Perdagangan dengan luas wilayah  7.770.000 km2 setara dengan (3.000.000 mil persegi), dan terdapat  1.500 karyawan kontrak.
Meskipun HBC tetap mempertahankan monopoli atas perdagangan bulu pada pertengahan awal abad ke 19, ada persaingan dari James Sinclair dan Andrew McDermot (Dermott), pedagang independen di Colony Sungai Merah.
Antara 1820 dan 1870, HBC menerbitkan uang kertas sendiri. Catatan, dalam mata uang pound sterling, dicetak di London dan diterbitkan di Pabrik York, Fort Garry dan koloni Sungai Merah. Pada 1863, Keuangan Internasional menjadi pemegang saham mayoritas dari HBC tersebut.
Tahun 1870, pemerintah menghapuskan monopoli HBC dan membuka perdagangan di kawasan untuk pengusaha apapun. Perusahaan melepaskan kepemilikan atas tanah di bawah Rupert Rupert Tanah Undang-Undang 1868, dan disahkan oleh Parlemen Inggris.
 Pada tahun 1970, pada peringatan 300 perusahaan, kepala fungsi kantor dipindahkan dari London ke Winnipeg. Sebagai perusahaan diperluas ke Timur, kepala fungsi kantor yang pindah ke Toronto. Di tahun 1987 HBC mengakuisisi  The North West Perusahaan Simpson department store. 

Detik-Detik Kejatuhan Hudson Bay
Pada awal tahun 90an, jumlah protes akan penggunaan bulu hewan sebagai pakaian dan aksesoris terus meningkat tajam di seluruh dunia. Sehingga akhirnya, pada tahun 1991, HBC setuju untuk menghentikan penjualan bulu menanggapi keluhan dari orang-orang menentang pembunuhan hewan. Karena banyaknya aktivis mengkampanyekan  Kebebasan untuk Hewan ingin mendapatkan Teluk hudson  terbebas dari praktek penjualan bulu. dan di tahun 1991 catatan arsip perusahaan disumbangkan kepada Archives of Manitoba di Winnipeg, Manitoba.
Pada Desember 2003, Maple Leaf Heritage Investasment mengakuisisi sebagian saham Perusahaan Teluk Hudson(HBC), Maple Leaf Heritage Investasment merupakan anak perusahaan dari B-Bay Inc CEO perusahaan dan ketua adalah pengusaha Amerika, Anita Zucker, Jerry Zucker. Pada tanggal 26 Januari 2006 Maple Leaf Heritage Investasment memiliki seluruh saham HBC.
Tahun 2008, setelah kematian Zucker,  perusahaan itu dijual ke NRDC Equity Partners, perusahaan ekuitas swasta Pembelian, New York. Di Amerika Serikat, NRDC Ekuitas Mitra beroperasi Lord & Taylor.
Pada tahun 2007, Teluk Hudson Arsip Perusahaan menjadi bagian dari "Memory of the World" proyek PBB, di bawah UNESCO. Catatan sejarah tertutup HBC dari pendiri perusahaan di 1670. Berisi catatan transaksi bisnis, catatan medis, jurnal pribadi para pejabat, persediaan, laporan perusahaan, dan lain-lain

           

No comments:

Post a Comment