Tuesday, February 12, 2013

SKANDAL AKUNTANSI KEUANGAN DALAM TUBUH PERUSAHAAN WORLDCOM





Disepanjang tahun 2002 telah terjadi penurunan indeks-indeks harga saham gabungan (IHSG) di berbagai bursa dunia, sehingga terlihat bagaikan sebuah orkestra, hampir semua sama-sama turun. Hal ini karena para pemerhati pasar melihat ada ketidakberesan pada salah satu perusahaan terpercaya di AS, yaitu adanya skandal akuntansi keuangan WorldCom. Skandal tersebut menyebabkan runtuhnya kepercayaan para investor di pasar saham AS, sehingga menyebabkan terjun bebasnya harga-harga saham ke angka terendah di pasar saham dunia khususnya di AS dalam lima tahun terakhir. Ironisnya, skandal itu masih seperti melahirkan efek domino, berupa rentetan kejatuhan IHSG di berbagai bursa dunia. Kejatuhan itu membuat gerah investor, yang kemudian mempermalukan pemerintahan Presiden AS George W Bush, sehingga Kongres AS juga bereaksi dengan menuntut keras perusahaan-perusahaan di AS yang melakukan skandal untuk membersihkan diri, atau dihukum tegas.

Salah satu perusahaan tersebut adalah WorldCom. Perusahaan AS nomor dua dalam bidang telekomunikasi ini, terlibat rekayasa keuangan milyaran dollar AS. Presiden Bush menuduhnya sebagai sebuah perbuatan yang sangat keterlaluan, dan berjanji untuk mengusut tuntas skandal yang mengguncang korporasi Amerika ini. Pantas saja dapat dikatakan demikian, karena WorldCom, dalam laporan pembukuannya mengumumkan keuntungan sebesar $ 3,8 milyar AS antara periode Januari 2001 - Maret 2002.   Ternyata hal ini murni rekayasa akuntansi keuangan. Hal ini kemudian telah menjadi rekayasa terbesar sepanjang sejarah. WorldCom menggelembungkan laba 3,8 milyar dollar AS.

Dalam rangka penyelamatan perusahaan, WorldCom telah merumahkan 17.000 karyawan karena telah menjadi beban, serta memecat Chief Financial Officer (CFO), Scott Sullivan. Penipuan itu telah menenggelamkan kepercayaan investor terhadap korporasi AS. Kurs dollar AS menjadi ambruk. Skandal WorldCom ini juga menyeret auditor ternama internasional, Arthur Andersen, karena telah menyetujui laporan keuangan palsu WorldCom.


WorldCom sendiri adalah salah satu pionir di balik booming telekomunikasi di AS, yang menjadi besar karena mengakuisisi banyak perusahaan kecil-kecil. Akuisisi itu membuat WorldCom yang hanya berskala kecil melejit menjadi perusahaan besar berskala dunia. Namun, pada saat yang sama, WorldCom terbebani utang 30 milyar dollar AS.

SKANDAL AKUNTANSI KEUANGAN WORLDCOM
Skandal WorldCom mencuat setelah perusahaan ini mengaku telah mengembungkan keuntungannya hingga US$ 3,8 milyar pada periode Januari 2001 dan Maret 2002. Pada tahun 2001 hingga awal 2002, WorldCom memasukan AS $ 3,8 milyar yang merupakan biaya operasi normal ke dalam pos investasi. Hal ini memungkinkan perusahaan tersebut menekan biaya selama bertahun-tahun. Dengan hilangnya pos biaya operasional ini, maka pos keuntungan menjadi lebih besar karena biaya yang seharusnya mengurangi keuntungan sudah diperkecil. Dengan keuntungan yang terlihat besar, maka akan menunjukkan bahwa kinerja WorldCom sangat bagus. Saham WorldCom yang dicatatkan di bursa tahun 1999 pada harga US$ 62, langsung anjlok 94 persen sejak Januari 2002 akibat mencuatnya skandal tersebut. Selain itu setelah perginya pendiri dan chief executive officer WorldCom, Bernie Ebbers, pada bulan April 2002, skandal lainnya mencuat. Diketahui Ebbers meminjam jutaan dollar AS dari perusahaan tersebut untuk menanggung kelebihan harga yang harus dibayarnya untuk saham-saham perusahaan itu sendiri. Dalam proses pengadilan selama 6 minggu itu, Jaksa menuding Ebbers pikirannya tergoda untuk menjaga saham Worldcom tetap tinggi dan menjadi panik oleh tudingan dia memperolah US$ 400 juta pinjaman pribadi yang dijamin dengan saham Worldcom. Pada akhir tahun 2000 hingga pertengahan tahun 2002, pemerintah AS mengklaim Ebbers mengintimidasi CFO (chief financial officer) Scott Sullivan untuk menutupi pengeluaran yang tidak terkontrol yang mencapai miliaran dolar dan menyebutnya sebagai pendapatan yang tidak selayaknya. "Ia adalah WorldCom dan WorldCom adalah Ebbers. Ia membangun perusahaan itu. Ia melarikan diri, tentu ia yang harus bertanggung jawab atas kebocoran itu," ujar Jaksa William Johnson kepada juri. Namun pengacara Ebbers membantah bahwa kebocoran itu adalah tanggung jawab Sullivan. Sebelumnya Sullivan yang bertindak sebagai saksi dari pihak pemerintah mengatakan bahwa Ebbers menginstruksikan dirinya untuk mencatatkan jumlah ke dalam neraca hingga memenuhi ekspektasi Wall Street. Jaksa Agung AS Alberto Gonzales menyebut keputusan ini sebagai 'kemenangan bagi sistem hukum'. Gonzales mengatakan, juri telah mengenali bahwa kecurangan itu ditimbulkan dari manajemen tingkat menengah hingga eksekutif puncaknya. Selain itu Ebbers juga masih menghadapi proses pengadulan sipil termasuk tuntutan dari perusahaan yang telah menjamin US$ 400 juta pinjaman prbadinya. Sementara itu 12 mantan direktur perusahaan termasuk satu bank investasi yang menjadi underwriter dan auditor Arthur Andersen juga akan menghadapi pengadilan sipil dari para investor yang marah.

SKANDAL CEO - BERNARD EBBERS
CEO Bernard Ebbers menjadi sangat kaya dari kenaikan harga sahamnya di saham WorldCom umum. Namun, pada tahun 2000, industri telekomunikasi memasuki masa krisis yang menyebabkan WorldCom mengalami kemunduran serius, menyebabkan pemerintah AS melalui Departemen Kehakiman memaksa perusahaan ini untuk membatalkan rencana merger dengan Sprint pada pertengahan 2000. Pada saat itu, saham WorldCom menurun dan Ebbers berada di bawah tekanan tinggi dari bank untuk menutupi kewajiban kekurangan margin pada saham WorldCom-nya yang digunakan untuk membiayai jenis usaha yang lainnya, seperti kayu, kapal pesiar. Oleh karena itu selama tahun 2001, Ebbers membujuk para dewan direksi WorldCom untuk memberinya kredit korporasi dan jaminan lebih dari AS $ 400 juta untuk menutupi kewajiban margin tersebut. Permohonan ini dikabulkan karena para dewan direksi berharap bahwa pinjaman yang diminta CEP Ebbers tersebut akan mencegah Ebbers untuk menjual sejumlah besar saham WorldCom pada akhirnya akibat tekanan di harga pasar saham yang kian anjlok. Namun, akhirnya strategi ini gagal dan Ebbers digulingkan sebagai CEO pada bulan April 2002 dan digantikan oleh John Sidgmore, mantan CEO UUNET Technologies, Inc.
Skandal akuntansi di dalam tubuh perusahaan ini sendiri dimulai sejak pertengahan tahun 1999 dan terus berlanjut hingga Mei 2002. Di bawah Bernard Ebbers (CEO), Scott Sullivan (CFO), David Myers (Pengawas) dan Buford "Buddy" Yates (Direktur Jenderal Akuntansi) memanipulasi laporan akuntansi perusahaan, membuat laporan akuntansi palsu untuk menutupi pendapatan WorldCom yang hakikatnya mengalami penurunan dengan membuat gambar pertumbuhan keuangan dan profitabilitas palsu untuk menopang harga saham WorldCom di pasar saham. Penipuan itu dilakukan terutama dalam dua cara:
1. Underreporting 'line cost` (biaya interkoneksi dengan perusahaan telekomunikasi lainnya) dengan memanfaatkan biaya-biaya pada neraca daripada fakta pengeluaran mereka.
2. Menggelembungkan pendapatan dengan memasukkan catatan akuntansi palsu dari "alokasi dana perusahaan yang belum diisi".
Pada tahun 2002, sebuah tim audit internal WorldCom bekerja secara rahasia, menyelidiki dan menggali kemana alokasi dana perusahaan yang hilang sebesar $ 3,8 milyar. Hingga pada akhirnya, mereka menemukan jawabannya bawa dana perusahaan tersebut telah diselewengkan oleh CEO dan rekan-rekan kerjanya untuk memperkaya diri mereka sendiri diluar standar pendapatan seharusnya. Segera kemudian komite audit perusahaan dan dewan direksi diberitahu oleh para audit mengenai masalah penipuan akuntansi ini. Tidak lama kemudian, mereka segera memanggil dan memecat CFO Scott Sullivan, dan David Myers segera mengundurkan diri. Kemudian pada tahun 2001, Arthur Andersen dan US Securities and Exchange Commission (SEC) meluncurkan sebuah investigasi masalah ini pada tanggal 26 Juni 2002. Sehingga pada akhir tahun 2003, diperkirakan bahwa total aset perusahaan ini ternyata telah diselewengkan oleh CEO mereka sekitar $ 11 miliar.
Akibat masalah besar  yang diakibatkannya, pada 15 Maret 2005 Bernard Ebbers dinyatakan bersalah dari semua tuduhan, karena telah terbukti melakukan kecurangan, konspirasi dan pengajuan dokumen palsu dengan regulator-semua terkait dengan skandal akuntansi AS $ 11 miliar di perusahaan telekomunikasi yang dia dirikan. Dia dijatuhi hukuman 25 tahun penjara. Pejabat WorldCom lainnya seperti mantan CFO Scott Sullivan dituntut dengan hukuman pidana dalam kaitannya pada tanggal 2 Maret 2004 untuk tuduhan penipuan sekuritas, konspirasi dan mengajukan laporan palsu. Sedangkan mantan pengawas keuangan David Myers juga telah mengaku bersalah atas penipuan sekuritas, konspirasi untuk melakukan penipuan sekuritas, dan mengajukan laporan palsu pada tanggal 27 September, 2002. Mantan direktur akuntansi Buford Yates juga telah mengaku bersalah atas konspirasi dan tuduhan penipuan pada 7 Oktober , 2002). Mantan-mantan manajer akuntansi Betty Vinson dan Troy Normand juga mengaku bersalah atas konspirasi dan penipuan sekuritas pada tanggal 10 Oktober 2002.
Pada 13 Juli 2005 Bernard Ebbers menerima hukuman yang akan membuat dia dipenjara selama 25 tahun. Pada saat vonis dijatuhkan, Ebbers telah berusia 63 tahun. Pada tanggal 26 September 2006, Ebbers menyerahkan diri ke Biro Penjara Federal penjara di Oakdale, Louisiana, Federal Lembaga Pemasyarakatan Oakdale untuk mulai menjalani hukuman.

KEBANGKRUTAN
Pada tanggal 21 Juli 2002, WorldCom mengajukan perlindungan kebangkrutan. Pengajuan tersebut merupakan pengajuan kebangkrutan terbesar dalam sejarah Amerika Serikat hingga kebangkrutan berikutnya pada saat runtuhnya Lehman Brothers 2008. Proses kebangkrutan WorldCom diadakan sebelum US Federal Kepailitan Hakim Arthur J. Gonzalez yang bersamaan mendengar proses kebangkrutan Enron yang merupakan kasus kebangkrutan terbesar kedua yang dihasilkan oleh skandal akuntansi di dalam perusahaan. Tidak ada proses pidana terhadap WorldCom atas rujukan dari Gonzalez. Namun pada tanggal 14 April 2003, WorldCom berubah nama menjadi MCI dan memindahkan kantor pusat perusahaan dari Clinton, Mississippi, ke Dulles, Virginia. Berdasarkan perjanjian restrukturisasi kebangkrutan, perusahaan wajib membayar AS $ 750 juta kepada SEC secara tunai dan saham di MCI baru, hal dimaksudkan untuk membayar kerugian yang dialami para investor.
Namun hal ini belum cukup untuk membayar banyak kreditur kecil, yang telah menunggu selama dua tahun untuk pengembalian uang mereka di WorldCom. Sebagian besar dari para kreditur kecil itu adalah mantan karyawan WorldCom sendiri. Sehingga pada tanggal 7 Agustus 2002, kelompok exWorldCom 5100 diluncurkan. Mereka ini terdiri dari mantan karyawan WorldCom yang bertujuan mencari pembayaran penuh dari uang pesangon. The "5100" itu sendiri adalah singkatan untuk jumlah karyawan WorldCom yang terpaksa di PHK pada tanggal 28 Juni 2002 akibat kebangkrutan WorldCom. Hingga kemudian hari bersejarah itu tiba, dimana pada tanggal 14 Februari 2005, Verizon Communications setuju untuk mengakuisisi MCI sebesar $ 7,6 miliar. Menyelamatkan keberlangsungan kehidupan perusahaan ini dari ambang kematian.

PRINCIPAL – AGENT PROBLEM
Dalam ilmu politik dan ekonomi, masalah principal-agent atau dilema lembaga memperlakukan kesulitan yang muncul dalam kondisi informasi yang tidak lengkap dan asimetris ketika seorang pemimpin menyewa atau membayar seorang agen, menimbulkan beberapa masalah seperti konflik moral hazard dan mengejar kepentingan-kepentingan dari kepala sekolah itu sendiri. Berbagai mekanisme dapat digunakan untuk mencoba menyelaraskan kepentingan agen dalam solidaritas dengan orang-orang dari pemimpin, seperti mengatur tarif potongan / komisi, pembagian keuntungan, upah efisiensi, pengukuran kinerja (termasuk laporan keuangan), agen postingan obligasi. Masalah principal-agent ditemukan di sebagian besar pada hubungan karyawan, misalnya, ketika pemegang saham mempekerjakan eksekutif puncak perusahaan. Yang mana para eksekutif tersebut kurang mendapat batasan-batasan sampai dimana mereka memiliki kewenangan dalam mengurusi usaha yang dipercayakan oleh principal kepadanya.
Untuk itu perlu adanya sebuah kontrol wewenang dalam sebuah peraturan perusahaan yang berkenanaan dengan hal tersebut, agar masalah seperti kasus WorldCom tidak terjadi lagi dikemudian hari. Yaitu perlu adanya kontrak kerja yang jelas. Dalam konteks kontrak kerja, kontrak individual membentuk metode utama dari insentif restrukturisasi, dengan menghubungkan sedekat optimal informasi yang tersedia tentang kinerja karyawan, dan kompensasi untuk kinerja itu. Karena perbedaan dalam kuantitas dan kualitas informasi yang tersedia tentang kinerja karyawan individu, kemampuan karyawan untuk menanggung risiko, dan kemampuan karyawan untuk memanipulasi metode evaluasi, rincian struktural kontrak individual sangat bervariasi, termasuk mekanisme seperti sepotong tarif, pilihan, bonus yang bebas, promosi, pembagian keuntungan, efisiensi upah, kompensasi ditangguhkan, dan seterusnya. Biasanya, mekanisme ini digunakan dalam konteks berbagai jenis kerja: wiraniaga sering menerima beberapa atau semua remunerasi mereka sebagai komisi, pekerja produksi biasanya dibayar per jam, sementara pekerja kantor biasanya dibayar (lembur yang dibayarkan dan jika, biasanya pada tingkat yang lebih tinggi daripada tarif per jam tersirat oleh gaji) bulanan atau setengah bulanan.
Dengan kontrak kerja yang jelas, serta sistem pemberian insentif yang jelas dan sesuai dengan standar terjadi yang telah ditetapkan perusahaan, termasuk dengan perjanjian dengan pasal-pasal punishment apabila melanggar SOP perusahaan sebelum diadakan perekrutan, baik itu untuk karyawan di tingkat bawah maupun hingga karyawan di tingkat CEO. Sehingga sedikit banyak, hal ini dapat membantu mengurangi resiko-resiko penyalahgunaan wewenang yang mungkin saja akan dilakukan oleh agent-agent yang disewa oleh principal.

SEJARAH WORLDCOM
Long Distance Discount Services, Inc (LDDS) pada awalnya berdiri di Hattiesburg, Mississippi pada 1983. Kemudian pada tahun 1985 Bernard Ebbers LDDS dipilih menjadi CEO-nya. Perusahaan go public pada tahun 1989 melalui merger dengan Advantage Companies Inc. Sejak saat itu nama perusahaan diganti menjadi LDDS WorldCom pada tahun 1995, dan kemudian diganti hanya WorldCom pada tahun 2003.
Pertumbuhan perusahaan WorldCom terutama didorong oleh akuisisi terhadap perusahaan-perusahaan telekomunikasi lainnya selama tahun 1990-an dan mencapai puncaknya dengan akuisisi MCI pada tahun 1998. Diantara perusahaan yang dibeli atau bergabung dengan WorldCom adalah Advanced Communications Corp. (1992), Metromedia Communication Corp.(1993), Resurgens Communications Group(1993), IDB Communications Group, Inc (1994), Williams Technology Group, Inc. (1995), and MFS Communications Company (1996. Akuisisi MFS termasuk UUNET Technologies, Inc, yang telah diakuisisi oleh MFS lama sebelum merger dengan WorldCom. Pada Februari 1998, WorldCom melakukan pembelian online CompuServe yang merupakan pelopor dari perusahaan induk Blok H & R nya. WorldCom kemudian mempertahankan Compuserve Divisi Layanan Jaringan, menjual layanan online untuk America Online, dan menerima pembagian jaringan AOL, ANS. Akuisisi Digex (DIGX) pada bulan Juni 2001 juga kompleks; Worldcom mengakuisisi perusahaan induk Digex itu, Intermedia Komunikasi, dan kemudian menjual semua non-Digex Intermedia aset untuk Allegiance Telecom. 
Pada tanggal 10 November 1997, WorldCom dan MCI Communications mengumumkan merger senilai US $ 37 milyar untuk membentuk MCI WorldCom, sehingga hal ini merupakan merger terbesar dalam sejarah AS. Pada tanggal 15 September 1998, perusahaan baru, MCI WorldCom, mulai dibuka untuk bisnis. Pada 5 Oktober 1999 Sprint Corporation dan MCI WorldCom mengumumkan perjanjian merger antara dua perusahaan sebesar $ 129 Milayar.Namun pada tanggal 13 Juli 2000, dewan direksi dari kedua pihak perusahaan bertindak untuk mengakhiri merger. Hal ini karena mendapat larangan dari pemerintahan AS, karena perjanjian kerjasama dua perusahaan telekomunikasi besar tersebut dianggap merupakan bagian praktik monopoli. Kini MCI WorldCom menamai dirinya dengan "WorldCom" tanpa Sprint menjadi bagian dari perusahaan. Perusahaan dengan kode saham Wcom di bursa Nasdaq ini telah memiliki 73.000 pegawai yang tersebar di seluruh dunia. Sebanyak 8.300 di antaranya adalah pegawai yang tinggal di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

2 comments: